Senin, 29 Maret 2010

Pelapis untuk Batu Alam

Berbagai bentuk ukiran batu dari berbagai jenis banyak menghiasi rumah tinggal, hotel atau perkantoran.  Namun bila tidak dilindungi atau dilapisi maka lama kelaman batuan tersebut akan ditumbuhi jamur atau lumut, mengingat iklim tropis dimana memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Untuk melindungi batuan tersebut dipasaran tersedia bebagai macam produk, baik itu yang berbahan dasar air ( water base ) atau yang berbahan dasar minyak ( solvent base )

Adapun untuk aplikasi cat pelindung untuk bantuan tersebut adalah :
  1. Amplas permukaan batu menggunakan amplas halus untuk jenis batuan putih dengan maksud agar permukaan batu lebih halus.
  2. Bersihkan dengan menggunakan air bersih, bila perlu dengan air bertekanan agar debu sisa-sisa pengamplasan benar-benar hilang, lalu tiriskan dan biarkan kering sempurna.
  3. Aplikasikan cat pelindung transparant yang telah dipilih menggunakan kuas, ingat.........aplikasi minimal 2 ( dua ) lapis.  Hal ini dengan tujuan agar permukaan batu benar-benar terlapisi secara menyeluruh
Anda punya bantuan seperti uraian tersebut diatas, segera lakukan pelapisannya sebelum batuannya ditumbuhi jamur atau lumut.

Sedangkan untuk batuan jenis Andesit ( seperti batuan gunung atau kali ) tidak perlu diamplas karena nanti amplasnya yang habis dan tangan anda yang pegal-pegal, karena batuan ini sangat keras sehingga untuk memperhalus permukaan batu harus menggunakan gerinda mesin.

Tidak ada komentar: