Senin, 20 Desember 2010

Volatile Organic Compound


Ialah senyawa organic yang mudah menguap dan merupakan salah satu bahan kimia yang dikawatirkan menjadi penganggu kehidupan manusia.

Sesuai dengan namanya senyawa ini mudah menguap di udara bebas, dengan sifat ini maka orang yang  dalam kesehariannya berkutat dengan zat kimia ini sangat beresiko keterpajanan yang sangat tinggi.  Apalagi zat pelarut ini digunakan dalam industri manufaktur sebagian besar menggunakan Volatile Organic Compound, misalnya benzena, atau toluena yang oleh Environmental  Protection Agenyc ( EPA ) dalam golongan 2B ( Possible Human Carcinogenic ).

Beberapa jenis zat pelarut atau VOC sangat banyak digunakan untuk memampatkan gas dalam aerosol pengharum ruangan yang biasa dipakai oleh manusia.  Selain daripada itu didalam rumah masih banyak lagi benda yang didalamnya menggunakan VOC sebagai pelarut, perlu diketahui juga bahwa zat pelarut ini juga dipakai dalam industri cat / painting manufacture.

Untuk mengukur kadar VOC dilingkungan dapat menggunakan teknik biococentration factor  yang dilakukan dengan menghitung kadar VOC didedaunan.  Setelah proses pengujian dilakukan  selanjutnya yang harus dilakukan ialah pengendalian VOC. Dan satu hal yang perlu diperhatikan ialah mengetahui kapan VOC beresiko terhadap manusia.

 Nah .... agar lingkungan kita sehat dan rendah kandungan VOC nya, alangkah baiknya apabila cat rumah kita juga menggunakan cat yang rendah VOC.  Untuk mengetahuinya dapat meminta informasi kepada produsen cat yang akan kita gunakan apakah produknya memiliki Sertifikat Pengujian VOC yang diterbitkan dan bermarkas di Singapura.

Tidak ada komentar: